Kamis, 30 Juni 2011

Model Mengajar Menggunakan Metode Eksperimen

Kadang-kadang menurut Rusyan (1993:110) orang menangaburkan pengertian eksperimen dengan kerja Labotarium, meskipun kedua pengertian ini mengandung prinsip yang hamper sama. Namun berbeda dalam konotasinya. Eksperimen adalah percobaan untuk membuktikan suatu pertanyaan atau hipotesis tertentu. Eksperimen bisa dilakukan pada suatu Labotarium atau diluar Labotarium. Pekerjaan eksperimen mengandung makna beljar untuk berbuat, karena itu dapat dimaksudkan kedalam metode pembeljaran. Metode ekperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami untuk membuktikan sendiri suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari.
Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen ini sisiwa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti proses, mengemati suatu objek, keadaan atau proses sesuatatu. Peran guru dalam metode eksperimen ini sangat penting, khususnya berkaitan dengan ketelitian dan kecermatan sehinggatidak terjai kekeliruan dan kesalahan dalam memaknai kegiaatan eksperimen dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi, peren guru untuk emmbuat kegiatan belajar ini menjadi factor penentu berhasil atau gagalnya metode eksperimen ini.
a.    Kebaikan-Kebaikannya
     Metoden eksperimen mempunyai kebaikan sebagai berikut :
1.   Metode ini dapat membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkanpercobaannya sendiri dari pada hanya menerima kata guru atau buku saja.
2.  Dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksploratoris tentang sains dan teknollogi. Atau sikap dari sseseorang ilmuwan.
3.    Metode ini didukung dengan asas-asas didaktik mederent, antara lain :
Ø Siswa belajar dengan mengalami atau mengamati sendiri suatu proses atau kejadian.
Ø    Siswa terhindar jauh dari verbalisme
Ø    Memperkaya pengalaman dengan hal-hal yang bersifat objektif dan realities
Ø Mengembangkan sikap berfikir ilmiah
Ø    Hasil belajar akan tahan lama daninternalitas.
b.   Kelemahan-Kelemahanya
     Selain kebaikan tersebut metode eksperimen mengandung beberapa kelemahan sebagai berikut :
1.   Pelaksanaan metode ini sering memerlukan berbagai failitas peralatan dan bahan yang tidak selalu mudah diperoleh dan murah
2.  Setiap eksperimen tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan karena mungkin ada factor-faktor tertentu yang berada diluar jangkauan kemampuan atau pengendalian
3.  Sangat menutu penguasaan perkembangan materi, fasilitas parelatan dan bahan mutakhir. Sering terjadi siswa lebih dahulu mengenal dan menggunakan alat bahan tertentu dari pada guru.
c.    Cara Mengatasi Kelemahan-Kelemashan Metode Eksperimen
Ada beberapa cara untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari metode manusia dari metode eksperimen :
1.  Hendaknya guru menerangkan sejelas-jelasnya tentang hasil yang ingin dicapai sehingga ia mengetahui pertanyaan-pertnyaan yang perlu dijawab dengan eksperimen
2.  Hendaknya guru membicarakan bersama-sama dengan siswa tentang langkah yang dianggap baik untuk memecahkan masalah dalm ekperiemn, serta bahan-bahan yang diperlukan, variable yang perlu dikontrol dan hal-hal yang perlu dicatat
3.    Bila perlu gur menolong siswa untuk memperoleh bahan-bahan yang diperlukan
4.  Guru perlu menrengsang agar setelah eksperimen berakhir. Ia membanding-bandingkan hasinya dengan hasil ekperimen orang lain dan mendiskusikannya bila ada perbedaan-perbedaan atau kekliurun.

0 komentar:

Posting Komentar